Monday, April 10, 2017

Pengertian adjective clause

ADJECTIVE CLAUSE

Adjective Clause adalah anak kalimat yang berupa klausa yang berfungsi untuk menjelaskan kata benda (person, things) yang ada di depannya.Seperti yang telah kita ketahui bahwa adjective clause terdiri dari dua kata yaitu adjective dan clause. Adjective berfungsi sebagai penjelas sebuah noun maupun pronoun dan clause adalah dua kata atau lebih yang belum sempurna (belum bisa dikatakan sebagai sebuah kalimat) namun sudah memiliki subjek.
Contoh: The woman who writes the letter is my girlfriend. (Wanita yang menulis surat adalah pacar saya).
Klausa ‘who writes the letter’ adalah sebuah anak kalimat adjective clause yang menjelaskan ‘the woman’. Tugas adjective clause disini adalah sebagai penjelas agar pendengar tidak bertanya-tanya siapa ‘the woman’ yang dimaksud pembicara. Bandingkan dengan kalimat yang hanya ‘The woman is my girlfriend’.Adjective clause selalu di awali dengan kata yang disebut relative pronoun maupun relative adverb yang akan diterangkan dengan lebih detail berikut ini.

PENJELASAN ADJECTIVE CLAUSE

Berikut ini adalah pola kalimat atau rumus yang digunakan dalam adjective clause:
Relative Pronoun +/- S + V
Relative pronoun yang dimaksud antara lain adalah: who, whom, that, which, whose. Adapun relative adverb juga kadang digunakan dalam adjective clause ini. Contoh relative adverb yang digunakan adalah when dan where. 
CONTOH KALIMAT ADJECTIVE CLAUSE
Relative Pronoun(Who, Whom, Which, Whose, That)
Who
Who adalah relative pronoun yang paling sering digunakan dalam percakapan berbahasa inggris. Who digunakan untuk menjelaskan orang sebagai subjek.
Contoh:
The man who looks happy is working in the library. (Pria yang terlihat bahagia itu bekerja di perpustakaan)
I thanked the woman who helped my grandfather. (Saya berterima kasih kepada wanita yang menolong kakek saya)
Whom
Whom adalah relative pronoun yang sering sulit dibedakan penggunaannya dengan who. Perbedaan yang mendasar antara dua relative pronoun ini adalah whom digunakan untuk menjelaskan orang namun sebagai objek.
Contoh:
The girl whom you saw last saturday is my sister. (Gadis yang kamu lihat hari sabtu kemarin adalah saudara perempuan saya)
The man whom I met was Mr. Richardo. (Pria yang saya temui adalah Mr. Richardo)
Whose
Whose adalah relative pronoun yang digunakan untuk menjelaskan kepemilikan dari sebuah subjek kalimat.
Contoh :
The man, whose car is supercar, works as a director. (Pria yang mobilnya supercar itu, bekerja sebagai direktur)
I know the manwhose motorcycle was stolen. (Saya tahu pria yang motornya dicuri)
Which
Which adalah relative pronoun yang digunakan untuk menjelaskan noun atau pronoun yang tidak akan mengubah arti dari sebuah kalimat meskipun tidak dijelaskan. Bandingkan perbedaannya dengan ‘that’.
Contoh :
Manis, which is very cute, is my cat. (Manis, yang sangat imut itu adalah kucing saya)
The lion, which eat goat, isthe strongest lion in this zoo. (Singa, yang makan kambing itu adalah singa terkuat di kebun binatang ini)
That
That adalah relative pronoun yang digunakan untuk menjelaskan noun atau pronoun namun berbeda dengan ‘which’, ‘that’ akan mengubah arti dari kalimat jika tidak dijelaskan.
Contoh :
I don’t like soft drink that contains soda. (Saya tidak suka minuman ringan yang mengandung soda).
This is the housethat I have showed to my wife. (Ini adalah rumah yang telah saya tunjukkan  ke istri saya)
Perhatikan perbedaan ‘which’ dan ‘that’ dalam contoh kalimat diatas: ‘Manis, which is very cute, is my cat (Manis, yang sangat imut itu adalah kucing saya). Apabila ‘which is very cute’ tidak tertera dalam kalimat, maka tidak akan mengubah keadaan yaitu Manis tetap adalah kucing saya. Berbeda dengan ‘I don’t like soft drink that contains soda’ (Saya tidak suka minuman ringan yang mengandung soda). Apabila ‘that contains soda’ nya tidak terdapat dalam kalimat, maka kalimat hanya akan berupa ‘I don’t like soft drink’ yang dalam artian ‘Saya tidak suka minuman ringan’ yang secara umum adalah semua minuman ringan baik yang mengandung soda maupun tidak.
Relative Adverb(Where, When)
Where
Where adalah relative adverb yang digunakan untuk menjelaskan suatu tempat.
Contoh :
Australia is a country where I was born. (Australia adalah negara dimana saya lahir).
The house where he lives is very old. (Rumah tempat dimana dia tinggal adalah rumah yang sangat tua).
When
When adalah relative adverb yang digunakan untuk menjelaskan waktu.
I’ll never forget the day when I met you. (Saya tidak akan melupakan hari saat saya bertemu denganmu).
I remember the day when my sister was married. (Saya ingat hari saat saudara perempuan saya menikah).
Demikianlah penjelasan dan macam-macam contoh kalimat adjective clause yang merupakan salah satu unsur penting dalam mempelajari bahasa inggris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua.

No comments:

Post a Comment

Pesta ulta seruu...!

Artikel populer